SOFTWARE INFORMASI MANAJEMEN BOS

Software BOS , Software Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Bantuan Operasional Sekolah (SIMBOS) Pemilik HAKI software BOS pertama di INDONESIA. Jangan salah pilih!!! dibuat untuk membantu tim manajemen BOS sekolah dalam pencatatan dan pelaporan penggunaan dana (SPJ BOS).

Software BOS, Aplikasi dana BOS , Otomatisasi dana BOS, Program dana BOS, SIMBOS untuk sekolah ini dirancang agar mudah digunakan oleh tim manajemen BOS sekolah, walaupun tidak mempunyai pengetahuan akuntansi..

Tunggu Apalagi Buruan Pesan

Pelaporan BOS Tidak Lagi Sulit dan Memusingkan Menggunakan Software SIMBOS

Kamis, 28 Juni 2012

Buku Kas Umum BOS


Perbedaan Buku Kas Umum (K-3) dan  Buku Pembantu Kas (K-5) dalam BOS, setelah mempelajari Panduan Juknis BOS akhirnya dapat dipahami bahwa Perbedaan Kas Umum dan Pembantu Kas dalam BOS adalah bahwasannya buku pembantu kas hanya mencatat kas tunai, sementara buku kas umum mencatat semua kas, baik tunai maupun giral (kas yang ada di rekening sekolah / saldo).
Buku Kas Umum

Buku Kas Umum : Mencatat semua transaksi yang terjadi disekolah yang berpedoman pada RKAS yang dibuat oleh sekolah. Semua transaksi harus berdasarkan RKAS yang dibuat, Anggaran anggaran apa saja yang sudah dibuat dan jadwal alokasi pembelian barang dan jasa,ataupun kegiatan kegiatan sekolah dari setiap anggaran yang sudah ditentukan

Dimana dalam buku kas umum dikenal ada 2 macam transaksi yakni eksternal dan internal. Contoh transaksi eksternal adalah ditransfernya uang dari pemerintah ke rekening BOS, contoh lain transaksi eksternal adalah bunga bos dan biaya bank. Transaksi eksternal lain yang mempengaruhi kas tunai adalah pembelanjaan seperti biasanya.

Sementara transaksi internal adalah transaksi keuangan yang "tidak" mempengaruhi saldo kas umum, tapi mempengaruhi kas tunai maupun kas giral/ bank. Contoh Penarikan Saldo dari rekening BOS atau lebih dikenal Pemindahan Saldo Kas BANK ke Kas Tunai Sekolah. Semoga tulisan ini dapat membantu anda dan untuk memudahkan palaporan BOS bisa menggunakan software BOS yang dapat kita gunakan untuk membantu kita dalam pelaksanaan akuntansi BOS yang telah memakai kode rekening BOS juga.

Rabu, 27 Juni 2012

CD Pembelajaran SD Murah


Jumat, 22 Juni 2012

Contoh Kwitansi Pelaporan Dana Bos Dapat Di Akses Public


Dalam rangka mempersempit peluang kesempatan korupsi, maka diketatkan UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). "Praktik korupsi banyak terjadi lewat penyelewengan anggaran, pemalsuan laporan keuangan dalam pengadaan barang dan jasa. Harus ada akses bagi publik untuk memantau," ujar Febri dalam audiensi dengan kepala bagian penyusunan peraturan perundang-undangan Pemprov DKI Jakarta di gedung Balaikota Jakarta, Rabu (18/4/2012).

Contoh Kwitansi Pelaporan Dana Bos :


Intinya setiap dokumen Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) beserta dokumen pendukungnya (berupa kwitansi pembayaran dan bukti keuangan lainnya) merupakan dokumen publik yang dapat diakses secara terbuka. Keputusan penting ini diputuskan dalam persidangan Majelis Komisioner KIP (Komisi Informasi Pusat) senin (15/10/2010). Dalam putusannya, Majelis Komisioner KIP memutuskan bahwa SPJ (Surat Pertanggungjawaban) dan dokumen pendukung berupa kwitansi pembayaran dan bukti keuangan lainnya adalah dokumen publik dan dapat diakses oleh publik dan ICW sebagai pemohon. Selain itu, Majelis Komisioner juga memeintah Kepala Dinas dan 5 Kepala SMPN tersebut untuk menyerahkan dokumen tersebut pada ICW (http://www.antikorupsi.org/).

Sabtu, 16 Juni 2012

Laporan Dana BOS 2012

Fitur LAPORAN DANA BOS  (SIMBOS)
SIMBOS adalah software sistem akuntansi sederhana untuk memudahkan pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Software ini dirancang secara khusus sehingga tidak sulit untuk digunakan sekalipun staff administrasi keuangan sekolah tidak memiliki kemampuan akunting secara khusus.
Berbagai fitur terus kami kembangkan untuk semakin memudahkan sekolah yang menggunakan software ini. Berikut adalah fitur yang tersedia pada versi update terakhir.

Contoh Laporan Bos yang sudah jadi
Buku Kas Umum BOS
Kwitansi Dana BOS

Daftar Rekening
Rekening sudah disusun sesuai kebutuhan pelaporan Dana BOS berdasarkan Petunjuk Pelaporan Dana BOS 2009/2012. Sekalipun demikian, pemakai dapat menambah/mengubah jika diperlukan.

Pencatatan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Bos
Pencatatan penerimaan Dana BOS menggunakan metode yang paling sederhana. Tidak ada jurnal yang harus dibuat karena secara otomatis segera dibuatkan oleh sistem setelah data disimpan (real-time).

Pencatatan Penerimaan dan Pengeluaran Sumber dana lainnya
Dengan menggunakan software SIMBOS, sekolah bisa mendefinikan dan mencatat transaksi yang berasal dan menggunakan dana dari sumber lainnya, misalnya dari koperasi, pengadaan event yang bekerjasama dengan lembaga atau perusahaan tertentu.

Laporan sesuai Petunjuk Pelaporan Dana BOS
Laporan SIMBOS dapat dilihat secara realtime (bisa dicetak kapan saja tanpa perlu proses posting) dan menggunakan format MS Excell yang dapat dibuka dengan program spreadsheet lainnya Laporan sesuai standar pelaporan Dana Bantuan Operasional Sekolah yang dapat dihasilkan adalah :
Laporan Dana BOS K1 (RKAS-RAPBS)
Laporan Dana BOS K2 (Skedul Penggunaan Dana BOS)
Laporan Dana BOS K3 (Buku Kas Uum)
Laporan Dana BOS K4 (Buku Pembantu Kas Tunai)
Laporan Dana BOS K5 (Buku Pembantu BANK)
Laporan Dana BOS K6 (Buku Pembantu Pajak)
Laporan Dana BOS K7 (Realisasi Penggunaan Dana Tiap Jenis Anggara)

Fitur Lainnya

SPJ (Lampiran K7)
Penggunaan Dana/Jenis Angaran

Laporan RKAS-SKPD
Profil Sekolah
Kwitansi Tiap Anggaran Belanja Barang

Backup DATA 
SIMBOS memiliki sistem backup data . Apabila suatu saat dibutuhkan, data backup dapat dengan mudah direstore.
.
100% Bebas Spyware 
Software ini dijamin 100% bebas spyware.

Terdaftar Pada HAKI
SIMBOS telah terdaftar pada HAKI.

Jumat, 15 Juni 2012

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Laporan Dana BOS

Laporan BOS yang harus diperhatikan...!!
Laporan dana BOS yang harus diperhatikan..!!
  1. Prioritas utama penggunaan dana BOS adalah untuk kegiatan operasional sekolah;
  2. Maksimum penggunaan dana untuk belanja pegawai bagi sekolah negeri sebesar 20%. Penggunaan dana untuk honorarium guru honorer di sekolah agar mempertimbangkan rasio jumlah siswa dan guru sesuai dengan ketentuan pemerintah yang ada dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 15 Tahun 2010 tentang SPM Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota;
  3. Bagi sekolah yang telah menerima DAK, tidak diperkenankan menggunakan dana BOS untuk peruntukan yang sama;
  4. Pembelian barang/jasa per belanja tidak melebihi Rp. 10 juta;
  5. Penggunaan dana BOS untuk transportasi dan uang lelah bagi guru PNS diperbolehkan hanya dalam rangka penyelenggaraan suatu kegiatan sekolah selain kewajiban jam mengajar.  Besaran/satuan biaya untuk transportasi dan uang lelah guru PNS yang bertugas di luar jam mengajar tersebut harus mengikuti batas kewajaran. Pemerintah daerah wajib mengeluarkan peraturan tentang penetapan batas kewajaran tersebut di daerah masing-masing dengan mempertimbangkan faktor sosial ekonomi,  faktor geografis dan faktor lainnya;
  6. Jika dana BOS yang diterima oleh sekolah dalam triwulan tertentu lebih besar/kurang dari jumlah yang seharusnya, misalnya akibat kesalahan data jumlah siswa, maka sekolah harus segera melapor kepada Dinas Pendidikan. Selanjutnya Dinas Pendidikan mengirim surat secara resmi kepada Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah yang berisikan daftar sekolah yang lebih/kurang untuk diperhitungkan pada penyesuaian alokasi pada triwulan berikutnya;
  7. Jika terdapat siswa pindah/mutasi ke sekolah lain setelah pencairan dana di triwulan berjalan, maka dana BOS siswa tersebut pada triwulan berjalan menjadi hak sekolah lama. Revisi jumlah siswa pada sekolah yang ditinggalkan/menerima siswa pindahan tersebut baru diberlakukan untuk pencairan triwulan berikutnya;
  8. Bunga Bank/Jasa Giro akibat adanya dana di rekening sekolah menjadi milik sekolah untuk digunakan bagi sekolah.

Sabtu, 09 Juni 2012

SPJ BOS - Laporan BOS Menggunakan Software BOS


Laporan BOS Terbengkalai...?
Anda guru sekaligus bendahara BOS?
anda capek d membuat laporan BOS yang berlembar-lembar?
anda BINGUNG karena tugas utama mengajar sering terbengkalai  karena   harus  membuat SPJ BOS yang baik dan benar?
kenapa dana BOS terlamba cair
BEGITU BESAR PERAN ANDA SEBAGAI PENDIDIK

Kini anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu.

HANYA 5 MENIT MEMBUAT SPJ BOS


Software Sistem Informasi Pelaporan BOS (simbos) hadir sebagai solusi

membuat spj bos yang benar
Keuntungan Menggunakan SIMBOS 

  • Membuat SPJ BOS dengan cepat, mudah, dan benar
  • Perhitungan pajak dihitung secara otomatis oleh sistem.
  • Satu kali input, semua laporan, Beres !!!

Nikmati Waktu anda


Jadi tidak ada alasan untuk salah dalam membuat laporan BOS, 

Laporan Keuangan
  • Laporan BOS-K1 (RAPBS)
  • Laporan BOS-K1-A (RKAS)
  • Laporan BOS-K2 (Rincian Penggunaan Dana tiap Jenis Anggaran)
  • Laporan BOS-K3 (Buku Kas Umum)
  • Laporan BOS-K4 (Buku Pembantu Kas Tunai)
  • Laporan BOS-K5 (Buku Pembantu Bank)
  • Laporan BOS-K6 (Buku Pembantu Pajak)

Perhitungan Pajak Dana BOS


Pajak dana BOS. Sebagai penerima dana BOS, sekolah/ bendahara BOS wajib membuat laporan dana termasuk laporan pajak dana BOS
Secara garis besar, kewajiban perpajakan bendahara BOS itu cuma menyangkut dua hal :
1.    Pada saat pembayaran gaji dan honor
2.    Pada saat pembelian barang dan jasa

Pembayaran Gaji dan Honor
Pajak yang terkait dengan pembayaran gaji dan honor adalah Pajak Penghasilan Pasal 21.
Untuk gaji berdasarkan pengamatan di lapangan  gaji tidak diambil dari dana BOS.
1.    Pembayarn Gaji dan Honor
menurut aturan menkeu
2. Pembayaran Barang dan Jasa
Transaksi pembelian barang dan jasa yang dilakukan bendahara BOS terkait dengan dua macem pajak :
1.    Pajak Pertambahan Nilai
2.    Pajak Penghasilan Pasal 23
mari kita bahas satu persatu

1.    PPN
cara menghitung PPN
Harga Barang
Cara Penghitungan
Harga barang belum termasuk PPN
10% x harga barang
Harga barang sudah termasuk PPN
10% x (100/110) x harga barang

Contoh Soal
Bendahara SMP 3 Gunung Sitoli melakukan pembelian barang dan jasa sebagai berikut :
1.    Membeli seperangkat komputer dari PT.Esa Cipta Sejahtera dengan harga Rp 5.000.000, harga sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai.
2.    Membali papan Data di CV. Star Nusa senilai Rp 1.500.000, harga belum termasuk PPN..
3.    Membeli makan dan minum di warung (tidak ber-NPWP) untuk keperluan rapat kantor Rp 2.000.000.

Penghitungan Pajak Pertambahan Nilai
1.    PPN atas pembelian komputer
10% x (100/110) x Rp 5.000.000 = 10% x Rp 4.545.455
= Rp 454.545
2.    PPN atas papan data
10% x Rp 1.500.000    = Rp 150.000
3.    PPN atas jasa katering (makan/minum)
jasa katering tidak termasuk objek PPN.

PPH 23
Contoh Soal
Bendahara SMP 3 Gunung Sitoli melakukan pembelian barang dan jasa sebagai berikut :
1.    Membeli seperangkat komputer dari PT.Esa Cipta Sejahtera dengan harga Rp 5.000.000, harga sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai.
2.    Membali papan Data di CV. Star Nusa senilai Rp 1.500.000, harga belum termasuk PPN..
3.    Membeli makan dan minum di warung (tidak ber-NPWP) untuk keperluan rapat kantor Rp 2.000.000.
4.    .
Penghitungan Pajak Penghasilan Pasal 23
1.    PPh Pasal 23 atas pembelian komputer
pembelian komputer bukan merupakan objek PPh Pasal 23
2.    PPh Pasal 23 atas papan Data
2% x Rp 1.500.000    = Rp 30.000
3.    PPh Pasal 23 atas jasa katering (makan/minum)
4% x Rp 2.000.000    = Rp 80.000

Dari pada susah payah menghitung pajak dana BOS,  pakai SIMBOS, software laporan Dana BOS, pajak dana BOS cepat, mudah dan benar, tidak susah payah menghitung pajak dana BOS

CD PEMBELAJARAN LENGKAP

CD Pembelajaran Murah,CD InteraktifPaket SD Lengkap

Paket SMP Lengkap

Paket SMA Lengkap